Jl. Dr. Mansyur No.5, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20155 (061) 8211045 doktoralkedokteran@gmail.com

Kurikulum

(1 Vote)

Kurikulum

 

KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI PROGRAM STUDI DOKTOR (S3) ILMU KEDOKTERAN MENGACU PADA KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI (SNDIKTI)

FAKULTAS KEDOKTERAN

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

 

 

 

 

 

 

 


KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

MEDAN

2020

 

                                                                                

                                  


KATA PENGANTAR

 

 

Perubahan kurikulum di fakultas kedokteran merupakan aktivitas rutin yang harus dilakukan sebagai tanggapan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sebagai scientific vision, kebutuhan masyarakat (societal needs) serta kebutuhan pengguna lulusan (stakeholder needs). 

 

Penyusunan kurikulum Program Studi Doktor (S3) Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang didasarkan pada konsep learning outcome. Kurikulum ini merupakan referensi utama bagi staf pengajar dalam pelaksanaan proses pembelajaran di lingkungan Program Studi Doktor (S3) Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran.

 

Pada kesempatan ini kami sampaikan terima kasih kepada seluruh anggota tim penyusun yang telah bekerja keras menyelesaikan tugas ini, dan juga kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dan menyampaikan masukan yang sangat berarti.

 

Semoga kurikulum ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh sivitas akademika dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Program Studi Doktor (S3) Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran, Universitas Sumatera Utara.

 

 

 

 

 

 

Medan,     Desember 2020

                                                            DEKAN

                                                           

 

                                                            Prof.Dr.dr. Aldy Syafruddin Rambe, Sp.S(K)

                                                            NIP. 19650524 199203 1 002

 

                                                        

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

KATA PENGANTAR.. i

DAFTAR ISI ii

IDENTITAS. iii

BAB I 1

PROFIL PROGRAM STUDI 1

1.1        SEJARAH PROGRAM STUDI DOKTOR (S3) ILMU KEDOKTERAN.. 1

1.2        VISI MISI TUJUAN DAN SASARAN PROGRAM STUDI DOKTOR (S3) ILMU KEDOKTERAN.. 1

1.2.1        VISI 1

1.2.2        MISI 1

1.2.3        TUJUAN.. 2

1.2.4        SASARAN.. 2

BAB II 3

CAPAIAN PEMBELAJARAN SESUAI KKNI DAN PERMENRISTEK DIKTI NO 3 TAHUN 2020 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI 3

BAB III 6

3.1        MATRIKS KESESUAIAN PROFIL & CAPAIAN PEMBELAJARAN.. 6

3.2        MATRIKS KESESUAIAN CAPAIAN DAN MATA KULIAH.. 7

BAB IV. 9

METODE PEMBELAJARAN.. 9

4.1        Metode Pembelajaran New Normal 9

4.2        Metode Pembelajaran Normal 9

4.3        Metode Evaluasi 10

4.4        Strategi Pembelajaran. 11

4.5        Sistem Penilaian. 13

4.6        Mata Kuliah. 14

4.7        Daftar Mata Kuliah Penunjang Disertasi 15

 


 

IDENTITAS

 

 

Nama Program Studi                 :  Program Studi Doktor (S3) Ilmu Kedokteran

 

Jenjang                                       :  S3 Ilmu Kedokteran

 

Unit Pengelola Program Studi  :  Fakultas Kedokteran USU.

 

Perguruan Tinggi                       :  Universitas Sumatera Utara

 

Nomor SK Pendirian PS            :  N0. 519/DIKTI/KEP/1996

 

Tanggal SK pendirian PS          :  12 Nopember 1996.

 

Bulan & Tahun Dimulainya

Penyelenggaraan PS                  :  13 -09- 1996

 

Nomor SK Izin Operasional      :  212/U1999

 

Tanggal SK Izin Operasional    :  6 September 1999

 

Peringkat  Akreditasi Terakhir  :  B

 

Nomor SK BAN-PT                  :  0476/LAM-PTKes/Akr/Dok/VIII/2017

 

Tanggal SK                                :  26 Agustus 2017

 

Tanggal Kadaluarsa                   :  25 Agustus 2022

 

Alamat PS                                  :  Jl. T. Dr. Mansur No.5 Kampus USU Medan

 

No. Telepon PS                          :  (061) 8211045. 8210555

 

No. Faksimili PS                        :  061- 8218264

 

Homepage dan E-mail PS          :  s3kedokteran Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


BAB I

PROFIL PROGRAM STUDI

 

1.1    SEJARAH PROGRAM STUDI DOKTOR (S3) ILMU KEDOKTERAN

Program pendidikan Doktor (S3) Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran USU didirikan sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional (Ditjen DIKTI Depdiknas No. 519/DIKTI/Kep/1996 tanggal 12 November 1996.

Dalam rangka memperlancar proses pembelajaran Program Pendidikan  Doktor (S3) Ilmu Kedokteran FK USU, maka diterbitkanlah satu surat keputusan tersendiri ( SK Rektor USU No. 588/J05/SK/KP/2002) tentang Pengangkatan Anggota Kelompok Keilmuwan Program Doktor (S3) Ilmu Kedokteran FK USU.

Bedasarkan KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS SUMATERA UTARA No. 17015/H5.1.R/SK/SPB/2009 Tentang Pengalihan pengelolaan program studi Magister Ilmu Biomedik, Ilmu Kedokteran Tropis dan Doktor Ilmu Kedokteran dari Sekolah Pascasarjana ke Fakultas Kedokteran USU tertanggal  01  September 2009 Maka pengelolaan Program Studi Doktor Ilmu kedokteran dari Sekolah Pascasarjana dialihkan ke Fakultas Kedokteran USU.

Melalui program ini diharapkan Fakultas Kedokteran USU dapat memberikan pelayanan pada ilmu pengetahuan terutama pada bidang tropical medicine, onkologi molekuler dan teknologi serta pengembangan kebutuhan masyarakat dalam bidang kedokteran sehingga memberikan kontribusi dalam Pembangunan Nasional maupun Internasional.

 

1.2    VISI MISI TUJUAN DAN SASARAN PROGRAM STUDI DOKTOR (S3) ILMU KEDOKTERAN

1.2.1       VISI

Menjadi pusat pendidikan Doktor dalam bidang Ilmu Kedokteran yang terkemuka di Indonesia dan berwawasan Internasional terutama pada bidang Tropical Medicine dan Onkologi Molekuler pada tahun 2024.

 

1.2.2       MISI

2     Menyelenggarakan pendidikan akademik yang berkualitas sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran terutama pada bidang Tropical Medicine dan Onkologi Molekuler.

3     Mengembangkan teori kedokteran baru melalui penelitian yang berkualitas terutama pada bidang Tropical Medicine dan Onkologi Molekuler.

4     Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang Ilmu Kedokteran yang berbasis penelitian terutama pada bidang tropical medicine dan onkologi molekuler untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

5     Membuka peluang bagi dokter yang telah lulus sarjana strata 2 atau dokter spesialis untuk melanjutkan pendidikan ke strata 3 (Doktor).

1.2.3       TUJUAN

1.   Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran FK USU bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkualifikasi Doktor bidang ilmu kedokteran terutama pada bidang Tropical Medicine dan Onkologi Molekuler.

2.   Mampu Berpikir kritis, jujur dan peduli terhadap perubahan kemajuan ilmu dan teknologi ilmu kedokteran maupun terhadap masalah yang dihadapi masyarakat.

3.   Mampu menjadi pemimpin dalam pengembangan konsep ilmu kedokteran terutama pada bidang Tropical Medicine dan Onkologi Molekuler baik sebagai pengelola, peneliti dan pengajar ilmu kedokteran untuk mengembangkan penampilan profesionalnya dalam spektrum yang lebih luas dalam penalaran ilmiah, etika dan moral sebagai ilmuan baik secara mandiri maupun bekerja dalam tim.

4.   Mampu berinteraksi dengan stakeholders dan dunia industri dalam bidang kesehatan yang semakin berkembang dimana dibutuhkan tenaga sumber daya manusia, jasa teknologi komunikasi dan informasi dalam bentuk kepedulian kepentingan masyarakat akan kemajuan ilmu kedokteran terutama pada bidang Tropical Medicine dan Onkologi Molekuler.

 

1.2.4       SASARAN

1     Meningkatkan status akreditasi Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran FK USU.

2     Meningkatnya jumlah peminat untuk melanjutkan pendidikan ke strata 3 (Doktor) di Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran FK USU.

3     Persentasi kelulusan  ≤ 4 tahun.

4     Meningkatkan persentasi lulusan dengan predikat cumlaude.

5     Menghasilkan banyak tulisan bereputasi terutama pada bidang Tropical Medicine dan Onkologi Molekuler yang terbit di dalam journal yang terakreditasi oleh alumni Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran FK USU.

6     Meningkatkan jumlah HaKI Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

7     Memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.


8      

BAB II

CAPAIAN PEMBELAJARAN SESUAI KKNI DAN PERMENRISTEK DIKTI NO 3 TAHUN 2020 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI

 


NAMA PRODI

:

PRODI S3 ILMU KEDOKTERAN FK USU

JENJANG

:

DOKTOR (S3)

PROFIL LULUSAN

:

Pakar

Peneliti

Konsultan

 

 

 

 

 

 

 

A.      Sikap

Setiap lulusan DOKTOR harus memiliki sikap sebagai berikut:

1.       Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious;

2.       Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.       Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradapan berdasarkan Pancasila;

4.       Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;

5.       Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.       Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.       Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8.       Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.       Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

10.    Menginternalisasi tata nilai BINTANG sebagai pedoman berperilaku bagi seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan.

11.    Mampu mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan ilmu yang terkini dan belajar sepanjang hayat

12.    Meningkatkan kemampuan akademik sebagai seorang Doktor yang mampu menganalisa, meneliti, mengembangkan dan menyebarkan ilmu sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini  dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna.

 

 

 

 

 

B.      Keterampilan Umum

Lulusan Program Studi Doktor (S3) Ilmu Kedokteran wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut :

1.       Mampu menemukan, menguasai atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengalaman ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis,kritis,sistematis dan kreatif.

2.       Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.

3.       Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan dan teknologi berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal.

4.       Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas.

5.       Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan dan teknologi berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat.

6.       Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumber daya serta organisasi yang berada di bawah tanggungjawabnya.

7.       Mampu mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada dibawah tanggung jawabnya

8.       Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti di luar lembaga.

9.       Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji.

10.    Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter, multi, atau transdisipliner.

11.    Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

12.    Mampu memahami masalah bidang kedokteran dengan didasari prinsip kedokteran berbasis bukti Evidence Based Medicine (EBM) dan Evidence Based Practice (EBP).

 

C.      Keterampilan Khusus

Kemampuan kerja khusus yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang ilmu kedokteran adalah pada bidang Tropical Medicine dan Onkologi Molekuler.

 

D.      Pengetahuan

Merupakan penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu kedokteran terutama pada bidang tropical medicine dan onkologi molekuler secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.


 

BAB III

 

3.1    MATRIKS KESESUAIAN PROFIL & CAPAIAN PEMBELAJARAN

 

PROFIL

KETERAMPILAN KHUSUS

PENGUASAAN PENGETAHUAN

Pakar/

Pemikir

-        Mampu mengembangkan, teori/ konsepsi/ gagasan ilmiah baru, serta pengalaman ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif.

Menguasai Filsafat Ilmu, teori-teori ilmu kedokteran terbaru, metode penelitian

-        Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan dan teknologi berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip atau teori yang dapat di pertanggung jawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat.

Menguasai Biostatistik, etika akademik, teori-teori komunikasi.

Peneliti Ahli

-        Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.

Menguasai metodologi

penelitian, biostatistik

 

-        Mampu menghasilkan penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam rangka mengembangkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan dan teknologi berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal.

Menguasai Metode Penulisan Ilmiah,

 

-   Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas.

 

Mengusai Filsafat Ilmu

Konsultan

Mampu mengembangkan hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti di lembaga.

Menguasai Filsafat Ilmu

3.2    MATRIKS KESESUAIAN CAPAIAN DAN MATA KULIAH

 

 

PROFIL

MATA KULIAH

SEMESTER I

SEMESTER II

SEMESTER III

SEMESTER IV

KD

 700

KD

703

KD

701

KD

721

KD

754

MKPD

SPs

700

SPs

701

SPs

790

SPs

799

Pakar/ Pemikir

Keterampilan Khusus

Mampu mengembangkan teori/ konsepsi/ gagasan ilmiah baru, serta pengalaman ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif.

Mampu menyusun argument dan solusi keilmuan dan teknologi berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip atau teori yang dapat di pertanggung jawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat.

Penguasaan Pengetahuan

Menguasai Filsafat Ilmu

 

 

 

 

 

 

Menguasai Biostatistik

 

 

 

 

 

 

 

Peneliti Ahli

 

 

 

 

 

 

 

Keterampilan Khusus

Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/ atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.

Mampu menghasilkan penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam rangka mengembangkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan dan teknologi berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumber daya internal maupun eksternal.

Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas.

Penguasaan Pengetahuan

Menguasai Metodologi Penelitian.

 

 

 

 

 

 

 

Biostatistik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Menguasai Metode Penulisan Ilmiah.

 

 

 

 

 

 

 

Menguasai Filsafat Ilmu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Konsultan

Keterampilan Khusus

Mampu mengembangkan/ memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti di luar lembaga.

 

 

 

 

 

 

 

Penguasaan Pengetahuan

Menguasai Filsafat Ilmu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

BAB IV

METODE PEMBELAJARAN

 

4.1    Metode Pembelajaran New Normal

 

 

No

 

 

Mata Kuliah/ bahan kajian

 

Strategi Pembelajaran

SKS

Ceramah

 (Melalui Zoom

Meeting)

Diskusi

(Melalui Zoom Meeting)

Studi

Kasus

PBL

Presentasi

Jurnal Review/ Reading

1.

Filsafat Ilmu

2

 

2.

Biostatistik

2

 

3.

Metodologi penelitian dan etika penelitian

2

 

 

4.

Metode Penulisan Disertasi

2

 

5.

Bimbingan Proposal

2

 

6.

Mata Kuliah Penunjang Disertasi

2-3

 

                                                                                                          

4.2    Metode Pembelajaran Normal

 

 

No

 

 

Mata Kuliah/ bahan kajian

 

Strategi Pembelajaran

SKS

Ceramah

 

 

Diskusi

 

Studi

Kasus

PBL

Presentasi

Jurnal Review/ Reading

1.

Filsafat Ilmu

2

 

2.

Biostatistik

2

 

3.

Metodologi penelitian dan etika penelitian

2

 

 

4.

Metode Penulisan Disertasi

2

 

5.

Bimbingan Proposal

2

 

6.

Mata Kuliah Penunjang Disertasi

2-3

4.3    Metode Evaluasi

 

No

Mata Kuliah/bahan kajian

 

SKS

Aspek Penilaian (%)

Tugas

(Makalah, Presentasi & Jurnal Review)

Tugas Kelompok

Kuis

Aktifitas dan partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan

UTS

UAS

Total

1.

Filsafat Ilmu

2 sks

 

20

20

20

10

15

15

100

2.

Biostatistik

2 sks

 

20

20

20

10

15

15

100

3.

Metodologi penelitian dan etika penelitian

2 sks

20

20

20

10

15

15

100

4.

Metode Penulisan Disertasi

2 sks

 

20

20

20

10

15

15

100

5.

Bimbingan Proposal

2 sks

 

20

20

20

10

15

15

100

6.

Mata Kuliah Penunjang Disertasi

2-3 sks

20

20

20

10

15

15

100

 


4.4    Strategi Pembelajaran

Program Studi S3 Ilmu Kedokteran FK USU melakukan metode tatap muka secara langsung kecuali ada bencana atau pandemic yang tidak memungkinkan untuk melakukan tatap muka diruang kuliah, maka dari itu prodi menerapkan sistem hybrid learning adalah program pendidikan formal yang memungkinkan siswa belajar melalui konten dan petunjuk yang disampaikan secara daring dengan kendali mandiri terhadap waktu, tempat, urutan, maupun kecepatan belajar.

Dalam menjalankan hybrid learning tersebut prodi memakai metode komunikasi synchronous e-learning yaitu percakapan online dan konferensi video. Alat pembelajaran digunakan secara realtime, seperti instan messaging yang memungkinkan mahasiswa dan dosen untuk bertanya jawab pertanyaan dengan segera dan sinkron (dalam waktu yang bersamaan). Selama masa pandemi media komunikasi yang dipakai untuk perkuliahan di Prodi S3 Ilmu Kedokteran FK USU adalah zoom meeting.

 

Beberapa strategi pembelajaran yang diterapkan pada perkuliahan di Prodi S3 Ilmu Kedokteran FK USU, yaitu :

1.     Ceramah

Ceramah atau ceramah bervariasi adalah metode mengajar yang dalam pelaksanaannya menuntut banyak keterlibatan/kreatifitas mahasiswa. mahasiswa dituntut untuk aktif baik bertanya kepada dosen maupun berdiskusi/berinteraksi dengan teman-temannya. Dalam proses pembelajaran setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapat serta memecahkan masalah secara bersama-sama dalam bentuk diskusi. Sedangkan dosen berperan sebagai pembimbing, dan mengarahkan mahasiswa untuk bekerjasama dalam diskusi.

 

2.   Diskusi

Metode diskusi adalah suatu cara penyajian/penyampain bahan pelajaran, dimana dosen memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk mengadakan pembicaraan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternativ pemecahan atas suatu masalah.

 

3.   Studi Kasus

Strategi pembelajaran ini bertujuan untuk membentuk clinical reasoning pada mahasiswa. Mahasiswa akan membuat laporan sebuah kasus yang sebelumnya didiskusikan terlebih dahulu dengan dosen serta melakukan pembahasan mendalam sesuai evidence-based practice. Mahasiswa akan mempresentasikan kasus tersebut di dosen untuk mendapatkan feedback. Luaran akhir metode ini diharapkan berupa manuskrip untuk dipublikasikan pada jurnal sesuai dengan kualitas tulisan tersebut.

 

 

 

4.   PBL

Metode Problem Based Learning (PBL)  merupakan metode instruksional yang menantang mahasiswa agar “belajar untuk belajar” bekerja sama dalam kelompok untuk mencari solusi bagi masalah yang nyata (Dutch, 1994).

Metode ini memiliki ciri-ciri seperti, pembelajaran dimulai dengan pemberian masalah atau pertanyaan, biasanya masalah memiliki konteks dunia nyata, mahasiswa secara berkelompok aktif merumuskan masalah dengan mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan mereka, mempelajari dan mencari sendiri materi yang terkait dengan masalah dan melaporkan solusi dari masalah tersebut.

 

5.     Presentasi

Pada metode ini mahasiswa diminta untuk mempresentasikan makalah proposalnya satu persatu dengan menampilkan slide powerpoint makalahnya dengan cara daring. Kemudian mahasiswa dan dosen akan melakukan diskusi terkait makalah yang di presentasikan tersebut.

 

6.     Jurnal Review

Review jurnal merupakan ulasan pada sebuah jurnal untuk dapat mengetahui kualitasnya. Mereview jurnal adalah kegiatan akademik yang dibutuhkan untuk mencari referensi pendukung atau mempelajari sebuah penelitian yang sudah ada dan diterbitkan menjadi jurnal ilmiah.


 

4.5    Sistem Penilaian

Sistem penilaian memakai sistem Penilaian Acuan Patokan (PAP). Sistem PAP merupakan metode yang digunakan menguklur tingkat kemampuan mahasiswa berdasarkan patokan yang telah ditetapkan sebelumnya, merupakan menentukan nilai batas lulus tiap-tiap matakuliah. Bentuk formula penilaian PAP sebagai berikut :

 

Nilai

A

B+

B

C+

C

D

E

Bobot

4,00

3,50

3,00

2,50

2,00

1,00

0,00

Rentang Nilai

80-100

75-79

70-74

65-69

60-64

50-59

<50

 

 

Nilai akhir evaluasi hasil belajar program doktor terdiri atas :

a.      Nilai prestasi A sama dengan bobot prestasi 4,00 (empat koma nol nol) dengan kualitas prestasi Sangat Baik.

b.     Nilai prestasi B+ sama dengan bobot prestasi 3,50 (tiga koma lima nol) dengan kualitas prestasi Baik.

c.      Nilai prestasi B sama dengan bobot prestasi 3,00 (tiga koma nol nol) dengan kualitas prestasi Baik.

d.     Nilai prestasi C+ sama dengan bobot prestasi 2,50 (dua koma lima nol) dengan kualitas prestasi Cukup.

e.      Nilai prestasi C sama dengan bobot prestasi 2,00 (dua koma nol nol) dengan kualitas prestasi Cukup

f.      Nilai prestasi D sama dengan bobot prestasi 1,00 (satu koma nol nol) dengan kualitas prestasi Kurang.

g.     Nilai prestasi E sama dengan bobot prestasi 0,00 (nol koma nol nol) dengan kualitas prestasi Gagal.


 

4.6    Mata Kuliah

 

 

SEMESTER I

 

No

Kode

Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah

SKS

 

1

KD 700

Filsafat Ilmu

2

 

2

KD 703

Biostatistik

2

 

3

KD 701

Metodologi Penelitian

2

 

TOTAL

6 SKS

 

SEMESTER II

 

No

Kode

Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah

SKS

1

KD 721

Metode Penulisan Disertasi

2

2

KD 754

Bimbingan Proposal

2

3

MKPD

Mata Kuliah Penunjang Disertasi

2 - 3

4

SPs 700

Ujian Kualifikasi

1

TOTAL

7 – 8 SKS

 

SEMESTER III DAN IV

 

No

Kode

Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah

SKS

1

SPs701

Seminar Proposal Penelitian

1

2

SPs790

Seminar Hasil Penelitian

1

3

SPs799

Penulisan Disertasi

(Ujian Tertutup dan Ujian Terbuka/Promosi Doktor)

27

TOTAL

29 SKS

                 


 

4.7    Daftar Mata Kuliah Penunjang Disertasi

 

No

Mata Kuliah

Kode

Nama

1

KD 722

Pelayanan Gizi Rumah Sakit

2

KD 704

Agiontensin II Type I Receptor A

3

KD 705

Teknik PCR

4

KD 706

Epidemiologi dan Aspek Klinis

5

KD 707

Metabolisme Gizi

6

KD 708

Patogenase Penyakit Degeneratip

7

KD 709

Epidemiologi Gizi Klinik

8

KD 710

Virologi

9

KD 711

Biologi Onkologi Molekuler

10

KD 712

Imunologi Onkologi

11

KD 713

Imunologi Genetika

12

KD 714

Imunogenetika Operasional Research

13

KD 715

Trombopoetin

14

KD 716

Biologi Molekuler Trombobopoeitin

15

KD 717

Biologi Molekuler

16

KD 718

Sinusitis

17

KD 719

Farmakodinamika Obat

18

KD 720

Fito Kimia

19

KD 722

Pelayanan Gizi Rumah Sakit

20

KD 723

Metabolisme Tulang

21

KD 724

Manajemen Rumah Sakit

22

KD 725

Perilaku Organisasi

23

KD 726

Pathopysiologi dan Febrinolosis Pada Preklampsia

24

KD 727

Coagulation And Febrinolosis in Normal Pregnancies and Preeklampsia

25

KD 728

Chamydia

26

KD 729

Thrombosis

27

KD 730

Biology Moleculer of Hematologic Disorders

28

KD 731

Imunologi Paru

29

KD 732

Ekonomi Kesehatan

30

KD 733

Polimorfisme SCN 1a dan Perilaku pada Migren dan Epilepsi

31

KD 734

Modifikasi Perilaku

32

KD 735

Konsep Adherency

33

KD 736

Psikologi Kesehatan

34

KD 737

Penatalaksanaan TB

35

KD 738

Perinatologi

36

KD 739

Imunologi Paru dan Tuberkulosis

37

KD 740

Patologi Anatomi

38

KD 741

Fragmentasi DNA Sperma

39

KD 742

Infertilitas

40

KD 743

Hestopatology and Immunology of The Skin

41

KD 744

Clinical Trial

42

KD 745

Biomarker Tumor

43

KD 746

Hematology

44

KD 747

Peranan Enzim Glutation Reduktese dan G6PD

45

KD 748

CT Scan Kepala pada Trauma Kepala

46

KD 749

Gangguan Hematologis pada Trauma Kepala

47

KD 750

Renin Angiontensin Aldosteron Sistem Tinjauan dari Endrokrinobiologi dan Perkembangan Ginjal pada Masa Janin Hingga Neonatus

48

KD 751

Dasar-dasar dan Interpretasi Pemeriksaan Renin Angiotensin dengan Metode Imunoassay

49

KD 752

Penata Laksanaan Asma

50

KD 753

Penyakit Kulit dan Kelamin

51

KD 754

Bimbingan Proposal

52

KD 755

Imunologi Umum

53

KD 756

Health Psychology, Abnormal Psychology dan Konstruk Alat Ukur

54

KD 757

Stroke

55

KD 758

Periodontitis Kronis

56

KD 759

Radiografi Panoramik Konvensional dan Direct Digital

57

KD 760

Pengukuran Volume Ginjal Janin Intrauterin dengan USG 3 D, Doppler Arterirenalis Janin

58

KD 761

Gambaran Histopatologi Endometrium pada Hisperplasma dan KeganasaN

59

KD 762

Pengukuran Volume dan Penanda Aliran Vaskular Endometrium pada Wanita > 40 thn

60

KD 763

Pengukuran Arus Darah Arteri Uterina dengan USG 3 D, Doppler Artenalis Janin

61

KD 764

Preklamsia

62

KD 765

Peran Pemeriksaan Serum Darah S100b, IL-8,BCL, NGF dan BDNF secara ELISA pada Penelitian Kedokteran

63

KD 766

Metode Statistik

64

KD 767

Aspek Radiologi Terhadap Diagnostik, Prognostik dan Outcome pada Cedera Kepala Sedang & Berat

65

KD 768

Berbagai Alat Ukur dan Cara Pengukuran Prestasi Belajar Anak Didik

66

KD 769

Analisis Berbagai Logam Berat yang Dapat Mengganggu Kesehatan Manusia

67

KD 770

Herbal Medicine

68

KD 771

Biologi Molekuler & Imunologi

69

KD 772

Neuro-oftalmologi dan Retinal Nerve Fiber Layer (RNEL)

70

KD 773

Primary Parcuttaneeous Coronary Intervection (pPCI): History Indication, Benefit and Risk

71

KD 774

Platelest Function and Assessment, Aggregation Mechanism, (pPCI): History Indication, Benefit and Risk

72

KD 775

Kursus Biologi Molekuler dan Imunologi

73

KD 776

Peranan Adipokin Terhadap Kardiovaskuler

74

KD 777

Terapi Nutrisari pada Obesitas

75

KD 778

Penyakit Jantung Koroner Fenomena Slow Flow pada Penyakit Jantung Iskemik

76

KD 779

Rinitis Otitis Media

77

KD 780

Immunohistokemia

78

KD 781

Rinitis Alergi dan Rinitis Vasomotor

79

KD 782

Metabolisme Obesitas

80

KD 783

Imunologi dan Pemeriksaan TNF-Alfa dan Leptin

81

KD 784

Molecular Pain

82

KD 785

Pemeriksaan IHC

83

KD 786

Fisiologi Umum

84

KD 787

Aterosklerosis

85

KD 788

Diabetes Mellitus Type-2

86

KD 789

Statistik Multivariat

 

Doktoral kedokteran